Rabu, 02 Februari 2011

Cara pasang meta tag keyword dan deskripsi di blog

Melanjutkan entri sebelumnya mengenai cara mendaftarkan blog ke search engine google, maka pada entri ini saya akan membahas lagi tentang teknik seo (search engine optimation). Ada banyak teknik seo yang bisa diterapkan untuk membuat suatu blog lebih optimal, yaitu membangun backlink, memasang meta tag, mengoptimalkan konten, atau mendaftarkan blog ke search engine, misalnya google atau yahoo. Nah dari sekian teknik diatas, cara yang paling mudah diterapkan adalah memasang meta tag. Memasang meta tag pada blog sama seperti memberi identitas pada blog kita. Tujuannya agar search engine lebih mudah mengenali isi dari blog kita. Karena pertama kali yang di crawl atau ditelusuri pada blog kita adalah bagian title blog sehingga alangkah baiknya jika kita selipkan deskripsi atau keyword yang berhubungan dengan isi blog kita di bagian tersebut.




Langkah-langkah memasang meta tag di blog adalah sebagai berikut :
  • Masuk (sign in) ke blog teman-teman
  • Klik design, edit html, jangan lupa centang expand widget templates 
  • Cari code di bawah ini :
<title><data:blog.pageTitle/></title>
  • Copy script meta tag berikut di bawah code diatas

<meta name="description" content="deskripsi blog"/>
<meta name="keywords" content="keyword atau kata kunci blog"/>
<meta name="robots" content="index follow"/>

 Catatan :
 Ganti tulisan yang dicetak sesuai keterangan berikut ini :

Deskripsi blog : isi dengan deskripsi blog teman-teman, misalnya : "informasi tujuan wisata di Bali'

Keyword : isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan topik blog teman-teman, misalnya : "pantai, pegunungan, tempat oleh-oleh, sewa mobil". Sesuaikan dengan topik blog teman-teman, misalnya blog teman-teman tentang blogging ; "blogging trick, blogging tutorials, dst.

Index follow : pernyataan ini berarti meminta spider untuk menelusuri link yang ada pada halaman blog, jika teman-teman tidak menghendakinya gunakan perintah "
noindex nofollow".

  • Jika sudah selesai, save template
  • Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar